Pengertian Ip address

3:39 AM
Pengertian Ip address
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : jaringan

Filosofi internet



Pengetian TCP/IP


Kali ini saya akan berbagi mengenai ip address . Apa sih yang dimaksud ip address ? ip address adalah alamat komputer agar komputer bisa saling berhubungan 1 dengan yang lainnya . ip singkatan dari internet protokol .ip address ada 2 versi yang ip v4 dan ip v6 yang sering digunakan adalah ip address v4 . Kenapa sih ipv4 banyak digunakan ? karena ipv4 fotmat penulisan yang lebih simple . dan panjangnya hanya 32bit .

di 32 bit itu ada 4 oktet satu oktetnya terdiri dari 8 bit jadi format penulisannya x.x.x.x contoh 192.168.1.1 . Sementara ipv6 panjangnya 128bit format penulisannya x.x.x.x.x.x.x.x.
Ipv4 terdapat 5 kelas tetapi yang digunakan hanya 3 kelas karena 2 lagi untuk experimen . kelasnya yaitu a,b,c,d,e . Jadi yang digunakan hanya a,b,c dan 2 kelas yang untuk experimen adalah d, dan e .

ip address terdiri dari 2 bagian yaitu network id dan host id , dimana network id menentukan alamat jaringan dan host id menentukan dari peralatan jaringan host id ini anggkanya harus unix diharapkan tidak boleh sama .
Baca juga Penjelasan fungsi dan manfaat firewall




Kelas A , untuk kelas A oktet pertama panjangnya 0-127 . Network id nya hanya satu  oktet dan host id nya 3 oktet . format penulisan N.H.H.H .

Kelas B , untuk kelas B oktet pertama panjangnya 128-191 . Network id nya hanya 2 oktet dan host id nya 2 oktet . format penulisan N.N.H.H .

Kelas C, untuk kelas C oktet pertama panjangnya 192-223 . Network id nya hanya 2 oktet dan host id nya 3 oktet . format penulisan N.H.H.H .

Kalo untuk ipv6 tidak mengenal kelas . ada dua cara menyetinggan ip address yaitu dynamic dan static . Apa sih perbedaannya ? Untuk ip static adalah ip yang tetap , ip yang diberikan atau ip yang kita dapat itu secara manual . artinya kita akan di beri ip address dan menyettingnya secara manual . Kalo ip dynamic artinya berubah rubah jadi mengunakan DHCP , jadi ipnya otomatis tetapi jika kita matikan komputer konek lagi ke wifi ipnya akan rubah .

itu dia pengetian ip adress dan kelasnya semoga menambah ilmu dan manfaat kepada kita semua

sampai jumpa lagi di artikel yang lainnya
Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar