Apa itu laravel ?

11:00 PM
Apa itu laravel ?
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : PHP

logo laravel


Kali ini saya akan membahas mengenai apa itu laravel .  Laravel adalah salah satu framework PHP . Sebelumnya framework itu apa sih ? framework bisa dibilang kerangka kerja . Laravel itu adalah satah satu framework PHP yang berbada dari framework lainnya . Laravel dirilis dibawah lisensi MIT, di buat dengan konsep MVC ( mode view controller ) .


Baca artikel selanjutnya Apa itu Codeigniter

Framework laravel ini pertama kali dirilis pada juni 2011 . Pada desember 2013, laravel menempati framework PHP terpopuler . Kok bisa sih ? tentu, laravel memiliki banyak kelebihan kodenya lebih singkat, mudah dimengerti, dan ekspressif . Dengan menggunakan framework laravel bisa bisa cepat dan mudah untuk membuat website .

Seperti tadi saya bilang bahwa laravel itu memiliki keunggulan kode menjadi lebih singkat . Contohnya adalah laravel memiliki sebuah system template blade . Yang mana kita untuk meng echo  atau menampilkan variable jadi lebih singkat .

<?php
  echo $nama;
?>

dengan menggunakan framework laravel kita tinggal menggunakan kurung kurawal dua

{{ $nama; }}

Selain itu juga untuk mebuat sebuah auth user kita tinggal menggunakan command prompt , berpindah ke direktorinya dan mengetik

php artisan make:auth

dan enter maka jadi tuh fitur login, dalam beberapa detik . Selain itu laravel menerapkan prinsip routing yang sangat simpel .

Route::get('/blog', function () {
    return view('blog.index');
});

Gimana tertarik belajar laravel . Nanti saya akan coba di artikel artikel yang lainnya membuat blog dengan menggunakan framework laravel 5.3 . Nanti kita akan belajar mulai dari cara instal sampai pembuatan blog jadi . Baik itu dia semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel yang lainnya .

Bagi yang tertarik dan ingin belajar laravel saya akan memberikan list - list materi untuk belajar laravel disini


Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »

8 comments

  1. Saya baru beberpa bulan terakhir ini denger orang-prang bahas laravel, pengen juga belajar,,,

    kunjungan balik gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bro belajar laravel mudah dan menyenangkan

      Delete
  2. saya sangat susah memahami coding" gan, ada caranya gak biar "gampang paham" ?? kunjungan balik gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang caranya, tinggal Baca,Coba,Bisa BCB

      Delete
  3. #sarkomet ikut menyimak dulu gan masih belum mengerti sepenuhnya maklum baru menjejaki kaki di mari, thanks infonya ya. salam satu jiwa

    ReplyDelete