Belajar CRUD part 2 (menambahkan data ke database dengan php)

1:20 AM
Belajar CRUD part 2 (menambahkan data ke database dengan php)
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : PHP

logo php

Menambahkan data ke database dengan php


Selamat datang kawan . Kali ini artikel ini merupakan lanjutan dari belajar crud sebelumnya, jadi kalo belum memahami yang sebelumnnya pahami dulu . Baik kalo yang sudah paham mari kita lanjutkan . Kali ini saya akan membahas mengenai cara menambahkan data ke database menggunakan php .



Apa saja sih yang kita perlukan untuk menambahkan data ke database menggunakan php ? Yang perlu kita lakukan pertama adalah mengkoneksikan php dengan database kita, lalu kita buat form tambah data dan selasai . Mudahkan sekarang kita lakukan langkah yang pertama yaitu mengkoneksikan php kita dengan database .

<?php 
$host="localhost"; //atau bisa juga 127.0.0.1
$pass="";
$user="root";
$db="crud";
$konek=mysqli_connect($host,$user,$pass);
$pilih_db=mysqli_select_db($konek,$db)or die("gagal konek");
?>

Jadi untuk mengkoneksikan kita memerlukan 4 informasi yaitu : host, username, password, dan database . Lalu kita koneksikan dengan mysqli_connect() dan memilih database dengan mysqli_select_db() . Kita simpan dengan nama konek.php . Kalo sudah kita buka, jika kita berhasil mengkoneksikan maka akan tampil blank kosong dan kalo gagal maka akan ada tulisan gagal konek .

Sekarang kita telah berhasil untuk mengkoneksikan php dengan database . Langkah selanjutnya adalah dengan membuat form tambah data . Sebelumnya apa saja sih data yang harus di isi ? data yang harus diisi adalah id, nama, umur . Karena id itu udah otomatis jadi data yang perlu di isi cuma dua yaitu nama dan umur . Baik kita lanjut lagi .

Untuk membuat form tambah data kita menggunakan HTML dan untuk prosesnnya kita gunakan PHP . Metode pengiriman data kita gunakan metode post . Kalo kawan kawan belum tau metode post lebih baik baca dulu .

baca juga metode mengirim data di php

Oke kalo sudah kita akan coba buat form .

<h1>Tambah data</h1>
<pre>
<form method="POST">
Nama : <input type="text"name="nama"/>
Umur : <input type="number"name="umur"/>
<input type="submit"name="submit">
</form>
</pre>

Sekarang kita telah berhasil membuat tampilan tambah data . Sekarang kita edit lagi . kita tambahkan untuk memproses agar ketika di klik submit maka data akan berhasil di masukan di database . Oke lanjut .

<?php 
include "konek.php";
if(isset($_POST['submit'])){
$nama=$_POST['nama'];
$umur=$_POST['umur'];
$tambah_data=mysqli_query($konek,"insert into orang(nama,umur)values('$nama',$umur);");
echo "berhasil di tambah";
}
?>
<h1>Tambah data</h1>
<pre>
<form method="POST">
Nama : <input type="text"name="nama"/>
Umur : <input type="number"name="umur"/>
<input type="submit"name="submit">
</form>
</pre>

Kalo kalian sudah ditambahkan script php, lalu kita save dengan nama tambahdata.php . Setelah itu kita jalankan dan isi formnya .

isi formnya


Kalo berhasil kita cek di localhost/phpmyadmin dan buka tabel orang . Jika yang kita isi ada maka kita berhasil menambahkan data ke databse dengan php .

cek di database

Baik saya akan coba jelaskan . Pertama kita mengisi form dan setelah kita mengisi form maka yang telah kita isi akan jadi variable yaitu nama dan umur . Setelah itu ada fungsi mysqli_query() yang strukturnya mysqli_query(koneksinya,"query") . Nah koneksinya itu adalah $konek yang sudah kita include dari konek.php dan query yaitu query tambah data yaitu insert into orang(nama,umur)values('$nama',$umur); .

Oke itu dia cara menambahkan data ke databse menggunakan php, selanjutnya saya akan bahas megenai cara menampilkan data yang ada dari database dengan php . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa .

Baca artikel selanjutnya belajar crud part 3
Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar