Cara instal laravel lewat composer

12:57 AM
Cara instal laravel lewat composer
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : PHP

logo laravel

Kali ini saya akan berbagi tutorial untuk cara instal laravel lewat composer . Jadi sebelum kita menginstal laravel kita perlu menginstal dulu composer .  Kalo kalian sudah instal composer bagus . Kalo belum kita kita ikuti tutorial cara instal composer di windows . Sebelumnya apa sih composer itu ? composer adalah alat manajemen dependency pada php . Composer memungkinkan untuk membuat library pada projek kita . Composer banyak sekali manfaatnya salah satunya dengan menggunakan packagist, kita dapat menggunakan ribuan package yang sudah ada di composer .


Baca juga apa itu laravel ?

Lanjut lagi sebelumnya kalian donwload dulu instalan composernya lewat situs resminya https://getcomposer.org/download/ . Baik jika sudah kita coba instal composer . 

Baik pertama kita jalankan composer dan klik next . 

Selanjutnya kalian di suruh untuk menentu lokasi file php yang akan digunakan pada command line. file tersebut biasannya berada dalam folder php, jika menggunakan xampp .Contoh lokasi yang saya adalah c:/xampp/php/php.exe . 

instal composer

Baik klik next saja jika sudah . Lankah selanjutnya tentukan apakah koneksi internet menggunakan proxy . Misalnya seperti di kantor dimana koneksinya terpusat pada proxy . Jika menggunakan proxy centang use proxy server to connect to internet . dan masukan proxy url nya .

instal composer

Jika sudah langsung saja next . Setelah itu klik instal . Jika sudah instal klik finish selesai . Setelah itu buka command prompt dan ketik "composer" . Jika berhasil menginstal maka akan ada tulisan seperti di bawah .

berhasil menginstal composer

Sekarang kita berhasil menginstal composer . Langkah selanjutnya adalah menginstal laravel . Masih di command prompt . Kita berpindah direktori yang ingin kita instal 

cd c:/xampp/htdocs/

Kalo saya ingin menginstal di lokasi ini . Jika sudah berpindah lokasi sekarang kita jalankan perintah untuk mengisntal laravel terbaru . situs laravel https://laravel.com/

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel laravelbaru

Saya beri nama projeknya adalah laravelbaru . kalian bebas beri nama apa saja sesuai keinginan kalian . Jika sudah copy perintahnya dan tekan enter . Tunggu sambil minum kopi karena instal laravel biasanya lama .



Jika sudah selesai instal kita pindah direktori ke projek kita yaitu laravelbaru

cd laravelbaru

Setelah masih di command prompt dan ketik 

php artisan serve

buka browser kalian dan ketik di url 

localhost:8000/

enter . Maka akan berpindah link ke projek laravel yang telah kita instal .

projek laravel


Itu dia cara instal laravel lewat composer . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa . Di artikel artikel selanjutnya saya akan membahas mengenai cara membuat crud di laravel 5.3 ini .

Bagi yang tertarik dan ingin belajar laravel saya akan memberikan list - list materi untuk belajar laravel disini

Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar