Konsep Memori Maya (Virtual Memori) pada sistem operasi

8:00 AM
Konsep Memori Maya (Virtual Memori) pada sistem operasi
Di Posting Oleh : Admin G
Kategori : Pelajaran Sistem Operasi

Hallo sahabat setia JutsuCoding J

Pada pertemuan kali ini, Admin masih akan menjelaskan materi seputar Sistem Operasi. Materi yang akan kita pelajari yakni tentang Konsep Memori Maya pada sistem komputer. Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu sistem operasi kalian dapat mengunjungi link dibawah ini :

Baca Juga : Apa itu sistem Operasi

Logo Sistem Operasi

 

KONSEP MEMORI MAYA

Konsep memori maya merupakan kemampuan mengamati ruang memori melebihi memori utama yang tersedia. Konsep ini pertama kali dikemukakan Fotheringham pada tahun 1961 untuk sistem komputer Atlas di Universitas Manchester, Inggris.

Gagasan Memori Maya adalah ukuran gabungan program, data dan stack melampaui jumlah memori fisik yang tersedia. Sistem operasi menyimpan bagian-bagian proses yang sedang digunakan di memori utama dan sisanya di disk. Begitu bagian di disk diperlukan maka bagian memori yang tidak diperlukan disingkirkan dan diganti bagian disk yang diperlukan.

Untuk mengimplementasikan konsep memori maya dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu:

  1. Sistem Paging.
  2. Sistem Segmentasi.
  3. Sistem kombinasi Paging dan Segmentasi.

Sistem Paging

Untuk menginplementasikan address maya yang besar ke dalam memori yang kecil diperlukan index register, base register, segment register dan MMU ( Memory Manegement Unit ). Pemetaan sistem ini akan menejermahkan alamat maya menjadi alamat fisik. Dengan pengertian lagi sistem memori maya tidak langsung di tuliskan ke BUS tetapi akan di terjemahkan dahulu ke MMU. MMU memiliki fungsi unruk memetakan memori maya ke memori fisik.


Sistem Paging

Sistem Segmentasi

Sistem segmentasi dengan segmentasi murni adalah alamat maya adalah offset di segment, setiap proses mempunyai tabel segment dan pada saat proses running alamat awal maya tabel dimuatkan ke register dasar. Nomor segment digunakan mencari deskriptor segment di tabel segment yang menyediakan alamat fisik awal dari segment, panjang dan bit-bit proteksinya. Alamat fisik dihitung dengan menambahkan alamat dasar segment ke alamat maya.

Sistem Kombinasi Paging dan Segmentasi

Teknik kombinasi pacing dan segmentasi adalah ruang alamat pemakai dibagi menjadi sejumlah segment sesuai dengan kehendak pemrogram. Segment tersebut dibagi menjadi sejumlah page berukuran tetap dan berukuran sama dengan page frame memori utama. Jika segment kurang dari ukuran page, maka segnent hanya memerlukan satu page.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Oke, mungkin penjelasan dari admin cukup sampai disini saja, tidak lupa juga Admin mengucapkan Terimakasih banyak kepada kalian semua yang telah mengunjungi website Jutsu Coding, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sedang mencari materi seputar Sistem Operasi. Selebihnya kami mohon maaf bila ada kesalahan kata atau ejaan yang kurang tepat.

Terakhir jangan lupa juga untuk selalu support Jutsu coding dan follow juga Fansfage Facebook dan Instagram Jutsu Coding untuk mendapatkan informasi terkini seputar Teknologi Informasi.

 


Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar