Ini dia 3 tools untuk research keyword

8:00 AM
Ini dia 3 tools untuk research keyword
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : teknik blog tips and trik

Menargetkan kata kunci (keyword) yang tepat pada artikel sangat penting untuk membantu website mudah ditemukan di mesin pencarian. Kata kunci juga sangat berpengaruh terhadap kualitas SEO.

Di saat membuat artikel, langkah awal yang perlu sobat lakukan yaitu menentukan kata kunci(keyword) yang sesuai dengan topik artikel. Untuk menemukan kata kunci (keyword) yang tepat, ada beberapa tools yang dapat membantu sobat.

Berikut tools untuk menemukan kata kunci:

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan salah satu tools yang dibuat oleh Google untuk mencari kata kunci. Google Keyword Planner dapat memperlihatkan tingkat popularitas dari beberapa kata kunci yang sedang trend.

Cara kerja Google Keyword Planner:

a. Masukkan Kata Kunci Baru

Sebelum menemukan kata kunci yang tepat, masukkan beberapa ide kata kunci baru yang akan sobat pakai. Google Keyword Planner akan menampilkan jumlah rata - rata dari pencarian setiap bulan dari kata kunci (keyword) tersebut. Sobat bisa mengatur jumlah pencarian berdasarkan waktu yang sobat inginkan, seperti : “last month” , “last 7 days” atau “last 12 months”

Baca juga cara membuat blog lewat hp android

b. Analisa Hasil Penelusuran Kata Kunci

Berdasarkan jumlah rata-rata dari pencarian setiap bulannya, sobat  bisa membandingkan antara satu kata kunci dengan kata kunci lainnya. Hal ini akan mempermudah sobat memilih kata kunci yang paling banyak dicari setiap bulannya.

Perhatikan contoh pencarian kata kunci di bawah ini:

Google Keyword Planner

Pada gambar diatas sobat dapat melihat perbandingan hasil riset dari kata kunci “belajar seo” dan “tips SEO”. Ternyata jumlah rata-rata pencarian diantara kedua kata kunci tersebut lebih banyak yang mencari “belajar seo” daripada “tips SEO”.

Oleh karena itu lebih disarankan menggunakan kata kunci “belajar SEO” daripada “tips SEO” karena lebih banyak pembaca yang mencarinya.

2. KWFinder

Hampir sama dengan Google Keyword Planner, KWFinder juga dapat digunakan untuk mencari kata kunci (keyword) yang tepat. KWFinder juga akan menelusuri beberapa kata kunci berdasarkan jumlah rata-rata pencarian setiap bulan dari sebuah kata kunci.

KWFinder cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan sobat dalam menemukan kata kunci. Namun untuk versi yang free, fitur yang disediakan terbatas. Sobat perlu meng-upgrade akun ke premium untuk melihat fitur yang lebih lengkap.

Baca juga cara meningkatkan rank blog

Cara Kerja KWFinder:

a. Masukkan Kata Kunci Baru

Sebelum mendapatkan kata kunci yang tepat, sobat perlu menyediakan kata 1 kata kunci baru untuk artikel sobat.

b. Analisa Hasil Penelusuran Kata Kunci

KWFinder akan menampilkan jumlah rata-rata pencarian setiap bulan dari kata kunci yang sobat masukkan dan beberapa kata kunci lain yang saling berhubungan.

Perhatikan contoh hasil penelusuran kata kunci di bawah ini:

KWFinder

Pada gambar diatas sobat dapat melihat hasil riset dari kata kunci “tips seo” dan beberapa kata kunci lain. Tetapi jumlah rata-rata pencarian setiap bulannya, kata kunci “belajar seo” lebih banyak yang daripada “tips SEO”.

Oleh karena itu lebih disarankan menggunakan kata kunci “belajar SEO” daripada “tips SEO” karena lebih banyak pembaca yang mencarinya.

Baca juga cara mengetahui jumlah backlink blogger di hp

3. Google Suggest

Cara lain untuk mencari kata kunci yang tepat yaitu dengan menggunakan Google Suggest. Cara ini paling mudah untuk dilakukan. Tinggal memasukkan kata kunci pada kotak pencarian Google.

Google akan menampilkan beberapa kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna Google.

Perhatikan contoh dibawah ini:

Ini dia 3 tools untuk research keyword


Dari ketiga cara diatas, yang manakah yang menjadi favorit sobat untuk mencari keyword? Atau sobat punya cara lain yang biasa sobat lakukan untuk menemukan kata kunci?


Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar