Pengertian CSS

2:11 AM
Pengertian CSS
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : css


CSS

Oke kali ini kita akan membahas mengenai desain web , desain merupakan tahap yang paling penting karena jika kita memiliki sebuah website tidak memiliki desain yang bagus maka orang orang akan bosan lihat website kita , tetapi kalo websitenya terlalu rame bahkan sebuah pakai animasi jadinya mata orang akan cepat lelah . Oke karena itu desain ini penting jangan terlalu simple dan jangan juga terlalu rame .


Baik jadi fungsi CSS adalah untuk mendesain sebuah website . Menurut wikipedia CSS ( Cascading Style Sheet ) merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan terstruktur dan seragam .  CSS ini bukan merupakan sebuah bahasa pemprograman . Bisa di bilang CSS ini adalah lanjutan dari HTML karena CSS fungsinya untuk mendesain HTML menjadi lebih menarik lagi  .

Versi CSS saat ini telah mencapai pada CSS3 , di dalah css3 ini kita bisa membuat sebuah animasi 2d hingga 3d . Seperti pernah saya bilang bahwa css bukan merupakan sebuah bahasa pemprograman jadi tentu untuk membuat sebuah animasi itu mudah di css3 . versi sebelum css3 yaitu css2 dan css1 masih desainnya sederhana tetapi pada css3 ini kita bisa mendesain dengan sangat baik , contohnya membuat website itu responsive atau biasa di dukung oleh semua browser .  

Di dalam CSS ini terdapat 3 metode penulisan , yaitu embedded style sheet ,inline style sheet , dan yang terakhir adalah external style sheet .  Menggunakan CSS ini banyak manfaatnya , berikut ini dia manfaatnya  :

  • Yang pertama tentu website menjadi lebih menarik 
  • Kode HTML menjadi lebih sederhana 
  • Ukuran file menjadi lebih kecil sehingga loadnya lebih cepat
  • Mengubah tampilan lebih mudah karena cukup mengubah cssnya saja
  • Dapat berkolaborasi dengan javascript
  • Dapat digunakan dihampir semua web
Struktur CSS 

selecktor { property:value; } 

maksudnya selector adalah nama panggilnya , nama panggil ini bisa merubah tag html seperti misal <p> atau menggunakan id atau class . 
property adalah perintahnya 
value adalah nilainya atau keinginan dari perintah 

Contoh penulisan

menggunakan id di awali dengan menulis hastag ( # ) lalu nama panggilnya

#tulisan{
    font-size:20;
}

menggunakan class di awali dengan menulis titik ( . ) lalu nama panggilnya 

.tulisan{
    font-size:200;
}

Untuk yang mengguakan tag html maka tulis langgung tag htmlnya 

p{
   font-size:15;
}

Cara kerja CSS :

  1. Deklarasi style : menulis style (selector , id , class) maka secara otomatis style tersebut akan bekerja pada HTML
  2. Setelah mengatur maka selektor di tempatkan pada tag HTML .
Oke itu dia bahas bahas mengenai CSS . Semoga menambah wawasan dan juga bermanfaat . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini  . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih bermanfaat dan juga lebih menarik lagi .


Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar