Sejarah perkembangan PHP

12:12 AM
Sejarah perkembangan PHP
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : PHP

logo php


PHP mungkin semua programmer dan yang lagi belajar programmer tahu, apa itu PHP ? PHP sangat populer sekali kalangan pemprogramman web . Banyak sekali website website yang menggunakan PHP untuk membuat websitenya . Di kesempatan kali ini saya akan men-share mengenai sejarang PHP .


Versi awal PHP

Pada awal PHP dirilis , PHP merupakan Singkatan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh programmer kelahiran Demark , Rasmus Lerdorf . Perilisan PHP diumumkan pada 8 Juni 1995 di alamat comp.infosystems.www.authoring.cgi .
Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan scipt yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

PHP/FI : Personal home page / form interpreter 2

Rilis pada April 1996 . PHP/FI versi 1 dirasa kurang cukup , sehingga butuh penambahan fitur lanjutan , berikut ini fitur
Daftar fitur:
·         . akses Logging
·         . akses Pembatasan
·         . Dukungan mySQL
·         . Dukungan Postgres95
·         . Dukungan DBM
·         . RFC-1867 Upload File Dukungan
·         . Variabel, Array, asosiatif Array
·         . Fungsi User-Defined dengan variabel statis + rekursi
·         . Conditional dan Sementara loop
·         . Diperpanjang Regular Expressions
·         . Baku HTTP header Kontrol
·         . Dinamis GIF Gambar Penciptaan

PHP : PHP Hypertext Preprosessor 3
Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih rapih , lebih baik , dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah dari Personal Home Page menjadi PHP Hypertext Preprosessor .

PHP : PHP Hypertext Preprosessor 4

Pada pertengahan tahun 1999  Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0 . banyak fitur lanjutan, seperti layer abstraksi antara PHP dengan web server, menambahkan mekanisme thread-safety, dan two-stage parsing , OOP ( Object Oriented Programming ) .

PHP 5

PHP 5  diluncurkan pada 13 Juli 2004 . Beberapa penambahan fitur meliputi PDO (PHP Data Objects) untuk pengaksesan database, closures, trait, dan namespaces , Perbaikan OOP.

PHP 6

Fokus pengembangan PHP 6 terutama dalam mendukung Unicode, bertujuan agar PHP bisa mendukung berbagai jenis jenis karakter bahasa non-latin . Namun dikarenakan beberapa alasan seperti kurangnya programmer, dan performa yang tidak memuaskan, pengembangan PHP 6 resmi dihentikan dan fitur yang ada di PHP 6 dimasukkan kedalam PHP 5 .

PHP 7

Pada tahun 2014, sebuah proyek lanjutan PHP mulai mengemuka, yakni PHP 7. Kalangan programmer sedikit bingung dengan penamaan versi PHP yang akan dirilis , apakah akan menyebutnya sebagai PHP 6 atau PHP 7 . Walaupun PHP versi 6 telah resmi ditinggalkan, namun banyak sekali artikel dan buku yang ditulis mengenai PHP 6 . Akhirnya  setelah mengambil voting, nama PHP versi 7 akhirnya menjadi keputusan final . Kita tidak akan melihat PHP versi 6, dan langsung ke PHP 7.
PHP 7 berkembang dari proyek experimen yang dinamakan PHPNG (PHP Next Generation) . Proyek PHPNG bertujuan untuk menyusun ulang kode PHP untuk meningkatkan performa . 


Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »

2 comments