Apa itu jQuery ?

12:17 AM
Apa itu jQuery ?
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : javascript


logo jquery

Kali ini saya akan membahas mengenai libarynya javascript yaitu jQuery . Jadi javascript memiliki pustaka pustakanya  yang kamu bisa download di sintus resminya jQuery yaitu jquery.com . Versi terbarunnya adalah 3.1.1 kalo gak salah . Kalian bisa download jquerynya di situs resminya, tetapi sebelum kalian mendownload jquery kalian harus tau dulu apa sih jquery itu ? apa sih manfaat pake jquery itu ? apa sih kelebihan kelebihan yang dimiliki jquery itu ?


Pengertian jQuery ?

jQuery seperti tadi saya bilang bahwa jQuery itu pustakanya javascript untuk memanipulasi DOM (Document Object Model) . Dom adalah struktur-pohon representasi dari semua elemen yang terdapat dalam sebuah halaman Web, dan jQuery menyederhanakan sintaks untuk mencari, menyeleksi, dan memanipulasi elemen-elemen DOM tersebut . 

Baca juga artikel artikel yang membahas tentang DOM

Sejarah singkat jQuery

jQuery diluncurkan pada tanggal 26 januari 2006 di Barcamp NYC oleh John Resig dan berlisensi ganda di bawah MIT dan GPL. Pada tahun-tahun berikutnya jQuery telah banyak digunakan oleh website - website besar di dunia seperti Google, Microsoft, intel , Nokia, Oracle , IBM, DELL, BBC, NBC, ESPN, EAPN, EA Sport, Twitter, Facebook, Amazon, Techorati, Youtobe Apple, Wordpress, Mozila, Netflix , Digg, Time, dan masih banyak lagi . Jquery memilki moto write less, do more..

Baca juga Ajax dengan Jquery

Kenapa sih pake jQuery ?

Dengan kita menggunakan jQuery ini kita jadi mudah untuk membuat sebuah website yang lebih interaktif. 

jQuery memberikan kemudahan seperti jadi lebih ringkas dan jelas penulisaannmya, selain itu karena jQuery ini merupakan pustaka javascript yang paling populer, dengan 65% pemasangan dari 10 juta situs Web dengan pengunjung tertinggi, berarti jQuery memiliki banyak sumber pembelajaran pembelajaran yang bisa kita dapatkan, salah satunya di blog ini , nantinya .  

Selain itu kita bisa memanipulasi css, html, membuat animasi dan lain lain di jQuery ini dengan mudah. Kita juga bisa sih sebenarnya membuat animasi sendiri, tetapi lebih panjang scriptnya dengan kita menggunakan jQuery ini membuat animasi menjadi lebih mudah. 

Masih banyak sekali yang dimiliki jQuery ini . Sebagai catatan sebelum kalian belajar jQuery kalian tentunya perlu belajar dulu javascript ya minimal dasarnya . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa .  


Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »

22 comments

  1. wahh sekarang saya tau tentang jquery thanks infofnya gan :)

    ReplyDelete
  2. Kebetulan sekali lagi belajar bahasa pemrograman. Makasih banget infonya. :)

    ReplyDelete
  3. makasih infonya mumpung lagi belajar tentang coding heehhe

    ReplyDelete
  4. Jadi jquesry itu sebagai server coding untuk javascript ya mas. Setelah saya baca juga cara menggunakan jquery ini. Makasih pemahaman coding jadi bertambah, alhamdulillah.

    ReplyDelete
  5. Lumayan nih materi gratisnya, bisa buat menambah wawasan tentang dunia pemrograman.

    ReplyDelete
  6. jquery termasuk bahasa pemograman kah.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan bro jquery itu hanya libarynya javascript

      Delete
  7. baru tau ane gan .. soalnya masih baru di dunia blogging salam knal y

    ReplyDelete
  8. Gitu ya. Mesti belajar javascript dulu biar g tersesat nih saat belajar jquery

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bro di blog ane menyediakan belajar javascript, jadi belajar aja bro di blog ane

      Delete
  9. Replies
    1. gak sulit bro yang sulit itu niat belajarnya

      Delete
  10. masih bingung gan apa itu jquery.. hehehehe

    ReplyDelete