Perbedaan mysql dan mysqli di php

11:50 PM
Perbedaan mysql dan mysqli di php
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : PHP

Perbedaan mysql dan mysqli di php

Assalamu'alaikum wr.wb
Sudah lama sekali saya tidak ngeblog dan sekarang mulai lagi ngeblog. Ngeblog untuk sharing ilmu yang saya dapatkan. Kali ini yang saya akan share ke teman teman adalah Perbedaan mysql dan mysqli php.

Mysqli merupakan keluaran baru dari mysql, mulai dari PHP versi 5.5, extension mysql tidak lagi disarankan penggunaannya dan berstatus deprecated, yang mungkin akan dihapus pada PHP versi berikutnya. Jadi manteman disarankan untuk mulai beralih menggunakan mysqli atau PDO. Mungkin nanti juaga saya akan bahas cara menggunakan mysqli, tetapi sebelum itu kita bahas  perbedaan mysql dan mysqli.

Baca juga membuat crud dasar

Mysqli merupakan singkatan dari MySQL Improved Extension. Seperti yang terlihat dari namanya, extension ini merupakan versi perbaikan dan penambahan dari extension mysql sebelumnya yang umum digunakan. Extension mysqli dibuat untuk mendukung fitur-fitur terbaru dari MySQL Server versi 4.1 keatas.

Secara garis besar, tidak ada perbedaan besar antara mysql extension dengan mysqli extension. Nama-nama fungsi didalam mysqli sebagian besar mirip dengan extension sebelumnya mysql extension.

Sebagai contoh, untuk membuat koneksi dengan MySQL Server, Jika di dalam mysql kita menggunakan fungsi mysql_connect(),maka di dalam mysqli, kita menggunakan mysqli_connect(). Begitu juga dengan fungsi lain seperti mysql_query() menjadi mysqli_query().

Selain penambahan huruf "i" dalam penulisan nama fungsi, argumen-argumen lainnya juga hampir mirip. Perbedaannya, jika di dalam extension mysql umumnya kita bisa meletakkan argumen resources di akhir fungsi, maka di dalam mysqli, argumen ini diteletakkan di awal.

Sebagai contoh, di dalam mysql kita menulis:
mysql_query("SELECT * FROM mobil");

Sedangkan di dalam mysqli penulisannya menjadi:
mysqli_query($konek, "SELECT * FROM mobil");

Selian itu juga perbedaan lainnya yang paling mendasar di dalam mysqli adalah mysqli mendukung  penulisan object oriented programming ( OOP ) . Jadi mysqli mendukung dua cara penulisan dengan dua cara yaitu Procedural dan Object Oriented.

sebagi contoh, untuk membuat koneksi dengan procedural kita menggunakan mysqli_connect() , sedangkan untuk object oriented jita menggunakan new mysqli(DB_HOST, DB_USER, DB_PASSWORD, DB_DATABASE); .

Contoh perbedaan prosedural dan object oriented :

Prosedural :

$konek=mysqli_connect("localhost","root","");
mysqli_select_db($konek,"rekap_kehadiran");

Object Oriented :

define("DB_USER", "root");
define("DB_PASSWORD", "");
define("DB_DATABASE", "rental_mobil");
define("DB_HOST", "localhost");
$mysqli = new mysqli(DB_HOST, DB_USER, DB_PASSWORD, DB_DATABASE);

Itulah perbedaan mysql dan mysqli, semoga ilmu yang saya share bisa bermanfaat bagai manteman. Sampai jumpa
Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar