1. apa itu react js | belajar react js untuk pemula

8:27 PM
1. apa itu react js | belajar react js untuk pemula
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : javascript Pemprograman web react

apa itu react js | belajar react js untuk pemula

Apa itu React JS ?

React JS adalah sebuah library javascript yang dibuat oleh facebook dan bersifat open source (React is MIT Licensed). React JS digunakan untuk membangun User Interface menjadi lebih mudah. React Js hanya mengurusi semua hal yang berkaitan dengan tampilan dan logikanya atau bisa disebut frontend libraries. didalam menggunakan react js kita masi tetap menulis code-code html,css dan javascript hanya saja ada beberapa cara penulisan dan aturanya berbeda. jadi sebelum mempelajari react js teman-teman harus paham dulu html,css dan javascript agar nanti saat menggunkan react js tidak mengalami kesulitan.

cara install react js

ada beberapa persiapan yang dilakukan sebelum menggunakan react js

1. install nodejs terlebih dahulu lihat dokumentasi disini , pilihlah yang bersi LTS. untuk melihat apakah node js sudah berhasil terinstall bisa jalankan printah berikut
node -v
nanti akan menampilkan versi node js yang teman-teman install seperti berikut
v8.15.0
tentu hasilnya akan berbeda tergantung kapan teman-teman mulai belajar reactjs dan install node js. dalam tutorial ini nodejs ini fungsinya untuk menjalankan server saat teman-taman belajar reactjs. selanjutnya jalankan printah berikut pada terminalnya untuk mengecek NPM sudah terinstall atau belum.
npm -v
hasilnya
6.4.1
hasilnya walaupun berbeda tidak apa-apa. npm fungsinya untuk menginstaall package-package yang mungkin diperlukan saat membuat project dengan reactjs.

2. siapkan konfigurasi reactjs

untuk mulai belajar reactjs ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan, tetapi untuk memudahkan membuat konfigurasi itu teman-teman cukup menginstall create-react-app melalui npm di komputer teman-teman, nanti akan secara otomatis akan dibuatkan konfigurasi defalutnya.

jalankan printah berikut di terminalnya untuk menginstall create-react-app secara global.
npm i -g create-react-app
proses install create-react-app cukup dilakukan satu kali saja. untuk memastikan create-react-app udah teristall jalankan printah berikut.
create-react-app --varsion
hasilnya
2.1.1
setelah semua berhasil kita siap belajar react js

3. membuat dan menjalankan project react js

jalankan printah berikut untuk membuat project reactjs dan pastikan menjalankan printah di direktori yang teman-teman pilih untuk menyimpan project reactjs.
create-react-app hello-dev
nama projectnya adalah hello-dev, jadi namanya projectnya bebas. setelah proses selesai akan dibuat kan beberapa struktur folder, sekarang masuk ke src lalu buka file App.js ganti semua codenya dengan code dibawah.

import React, { Component } from 'react';
class App extends Component {
render() {
return (
<h1>selamat ada telah berhasil membuat project reactjs</h1>
);
}
}
export default App;
untuk penjelasan code di atas tunggu tutorial berikutnya. untuk menjalankan project riact js silahkan jalankan printah berikut
npm start
dan nanti akan otomatis membuka browser
semoga bermanfaat!.
Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar