Sejarah dan Pengertian SQL (Structured Query Language)

12:22 AM
Sejarah dan Pengertian SQL (Structured Query Language)
Di Posting Oleh : Admin G
Kategori : Informasi news coding Teknologi

sql meaning

Apa Itu SQL?

SQL atau Structured Query Language adalah sebuah perintah atau bahasa yang digunakan untuk mengakses data di dalam sebuah basis data rasional (Database). Perintah didalam SQL sering disebut juga dengan query dan biasanya merupakan perintah-perintah sederhana yang berisi beberapa intruksi.

Sejarah SQL

SQL pertama kali dibuat dari sebuah Artikel yang berasal dari seorang peneliti IBM, bernama Jhonny Oracle pada bulan Juni 1970, yang didalamnya membahas tentang ide pembuatan basis data Relasional dan pembuatan bahasa standar untuk mengakses data didalam basis data. Bahasa tersebut kemudian diberi nama SQUEL atau (Structured English Query Language).

Setelah itu Artikel tersebut diterbitkan oleh IBM. Akan tetapi, karena permasalahan hukum mengenai penamaan SEQUEL, IBM pun akhirnya mengubahnya menjadi SQL. Pada akhir tahun 1970-an, barulah muncul perusahaan yang bernama Oracle yakni perusahaan yang membuat server basis data populer yang bernama sama dengan nama perusahaannya. Dengan naiknya kepopuleran John Oracle, maka SQL juga ikut populer sehingga saat ini menjadi standar de facto bahasa dalam manajemen basis data.



Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar