Analisis sistem basis data pada Abadi Hotel
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : Database
A. Aturan Dan Proses Bisnis
Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : Database
A. Aturan Dan Proses Bisnis
Aturan dan roses bisnis yang terdapat pada online resevasi di Abadi Hotel adalah sebagai berikut :
1) Pelanggan yang ingin melakukan pencarian reservasi harus menentukan tanggal check in dan check out.
2) Pelanggan harus memilih tipe kamar yang diinginkan.
3) Untuk pelanggan baru diwajibkan melakukan registrasi terlebih dahulu, dan bagi
pelanggan yang pernah melakukan registrasi berarti telah menjadi member dan dapat langsung login untuk proses selanjutnya.
pelanggan yang pernah melakukan registrasi berarti telah menjadi member dan dapat langsung login untuk proses selanjutnya.
4) Pembayaran dapat dilakukan melalui Credit Card dan bisa juga Pay On Arrival.
5) Konfirmasi berupa faktur akan dikirimkan melalui email pelanggan.
6) Pelanggan harus mencetak faktur untuk ditunjukkan kepada pihak hotel pada hari kedatangan.
Baca juga Apa itu entitas dan atribut dalam basisdata ( Database )
Baca juga Apa itu entitas dan atribut dalam basisdata ( Database )
B. Analisis Kebutuhan Data Dan Informasi Setiap User View
Administrator
Administrator adalah seseorang yang berwenang dan mengetahui seluk beluk database dan program website online reservasi pada Abadi hotel. Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh administrator adalah sebagai berikut :
1. Administrator bisa mengolah (merubah, melihat ) data-data profile .
2. Administrator bisa mengolah (menghapus, melihat, menambah ) data kamar.
3. Administrator bisa mengolah (menambah, merubah, menghapus, melihat) link website.
4. Administrator bisa mengolah (menambah, merubah, menghapus, melihat ) galeri.
5. Administrator bisa mengolah (menambah, menghapus, melihat) event/promo yang di upload.
6. Administrator bisa mengolah (membuat, merubah, menghapus, melihat) pengumuman / info.
7. Administrator bisa mengolah ( menghapus, melihat ) data pelanggan.
8. Administrator bisa mengolah (melihat , menghapus, membalas) email pada contact us yang ditulis pengunjung.
Data yang dibutuhkan oleh administrator adalah sebagai berikut :
1. Data pelanggan
2. Data kamar hotel
3. Data jenis kamar
4. Data reservasi
5. Informasi yang disajikan di website (contact us, pengumuman/info, event/promo)
Baca juga Source code sistem absensi sekolah php
Guest / Pengunjung
Guest/Pengunjung merupakan orang yang berwenang untuk mencari dan memesan kamar. Adapun pekerjaan yang dapat dilakukan oleh Guest/Pengunjung adalah sebagai berikut :
1. Pengunjung bisa melihat profile hotel.
2. Pengunjung bisa mengisi dan melihat form reservasi.
3. Pengunjung bisa menghubungi administrator menggunakan fasilitas contact us.
4. Pengunjung bisa melihat galery.
5. Pengunjung bisa melihat link.
6. Pengunjung bisa melihat pengumuman/info.
7. Pengunjung bisa melihat event/promo
Data yang dibutuhkan pengunjung antara lain sebagai berikut :
1. Data jenis kamar yang tersedia berdasarkan tanggal yang diinginkan.
2. Data harga kamar.
3. Nomor Contact Person.
Manager
Manager merupakan orang yang berwenang untuk melihat laporan dari semua kegiatan serta memberikan keputusan jangka panjang terhadap sistem basisdata yang telah ada. Adapun pekerjaan yang dapat dilakukan oleh Manager adalah sebagai berikut :
1. Manager bisa melihat laporan data pelanggan yang telah melakukan reservasi.
2. Manager bisa melihat laporan pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan.
3. Manager bisa melihat laporan data kamar yang telah direserved oleh pelanggan.
4. Manager bisa melihat laporan komplain pelanggan.
5. Manager bisa melihat laporan transaksi reservasi.
6. Manager bisa melihat laporan type kamar yang paling diminati oleh pengunjung.
Data yang dibutuhkan oleh manager antara lain sebagai berikut :
1. Data pelanggan
2. Data jenis kamar
3. Data kamar
4. Data pembayaran
5. Data reservasi (check in dan check out)
Baca juga Source code aplikasi tiket pesawat dan kereta api PHP dan MySql
C. Dokumentasi Entity, Relationship, Dan Atribut Untuk Desain Konseptual
Dokumentasi Jenis Entitas
Nama Entitas
|
Deskripsi
|
Alias
|
Peristiwa
|
Pelanggan
|
Terminologi umum untuk setiap orang yang secara resmi terdaftar dan ikut serta dalam proses reservasi.
|
Pelanggan, Guest
|
Setiap pelanggan yang terdaftar sebagai member di Online Reservasi Blabla Hotel
|
Kamar
|
Terminologi umum untuk setiap tempat yang secara resmi terdaftar dan tersedia di Blabla Hotel
|
Kamar
|
Setiap kamar yang tersedia pada Hotel
|
Type_Kamar
|
Pilihan kamar yang ditawarkan kepada pelanggan.
|
Type Kamar, Jenis Kamar
|
Setiap type kamar yang tersedia di Blabla Hotel
|
Dokumentasi Jenis Relationship
Nama Entitas
|
Multiplicity
|
Relationship
|
Multiplicity
|
Nama Entitas
|
Pelanggan
|
0..*
|
Reservasi
|
1..*
|
Kamar
|
Kamar
|
0..*
|
Memiliki
|
1..1
|
Type_Kamar
|
Dokumentasi Atribut
Nama Entitas
|
Atribut
|
Deskripsi
|
Tipe Data dan Panjang
|
Null
|
Multi-Value
|
Pelanggan
|
Id_Pelanggan
Nama
NoHp
Email
Password
|
No urut pelanggan
Nama pelanggan
No handphone pelanggan
Email pelanggan
Password untuk login
|
6 karakter fix
25 karakter v
12 karakter v
25 karakater v
10 karakter v
|
X
X
X
X
X
|
X
X
X
X
X
|
Kamar
|
No_Kamar
Harga
|
No urut kamar
Harga sewa kamar
|
3 karakter fix
10 karakter i
|
X
X
|
X
X
|
Type_Kamar
|
Id_typekamar
Nm_Kamar
|
No urut type kamar
Nama type kamar
|
2 karakter fix
20 karakter v
|
X
X
|
X
X
|
D. Model Data Konseptual
E. Model Data Relasional
F. Dokumentasi Relasi Untuk Model Data Relasional
Dokumentasi Jenis Entitas
Nama Entitas
|
Deskripsi
|
Alias
|
Peristiwa
|
Pelanggan
|
Terminologi umum untuk setiap orang yang secara resmi terdaftar dan ikut serta dalam proses reservasi.
|
Pelanggan, Guest
|
Setiap pelanggan yang terdaftar sebagai member di Online Reservasi Abadi Hotel
|
Kamar
|
Terminologi umum untuk setiap tempat yang secara resmi terdaftar dan tersedia di Abadi Hotel
|
Kamar
|
Setiap kamar yang tersedia pada Abadi Hotel
|
Type_Kamar
|
Pilihan kamar yang ditawarkan kepada pelanggan.
|
Type Kamar, Jenis Kamar
|
Setiap type kamar yang tersedia di Abadi Hotel
|
Reservasi
|
Terminologi umum untuk setiap transaksi pemesanan kamar hotel
|
Reservasi, pemesanan
|
Setiap reservasi yang tersedia di Abadi Hotel
|
Dokumentasi Jenis Relationship
Nama Entitas
|
Multiplicity
|
Relationship
|
Multiplicity
|
Nama Entitas
|
Pelanggan
|
1..1
|
Melakukan
|
1..*
|
Reservasi
|
Reservasi
|
0..1
|
Reserved
|
1..1
|
Kamar
|
Kamar
|
0..*
|
Memiliki
|
1..1
|
Type_Kamar
|
Dokumentasi Atribut
Nama Entitas
|
Atribut
|
Deskripsi
|
Tipe Data dan Panjang
|
Null
|
Multi-Value
|
Pelanggan
|
Id_Pelanggan (PK)
Nama
NoHp
Email
Password
|
No urut pelanggan
Nama pelanggan
No handphone pelanggan
Email pelanggan
Password untuk login
|
6 karakter fix
25 karakter v
12 karakter v
25 karakater v
10 karakter v
|
X
X
X
X
X
|
X
X
X
X
X
|
Kamar
|
No_Kamar (PK)
Harga
Id_typekamar (FK)
|
No urut kamar
Harga sewa kamar
No urut type kamar
|
3 karakter fix
10 karakter i
2 karakter fix
|
X
X
X
|
X
X
X
|
Type_Kamar
|
Id_typekamar (PK)
Nm_Kamar
|
No urut type kamar
Nama type kamar
|
2 karakter fix
20 karakter v
|
X
X
|
X
X
|
Reservasi
|
Id_Reservasi (PK)
Check_In
Check_Out
Type_byr
No_Kamar (FK)
Id_Pelanggan (FK)
/Total
|
No urut reservasi
Tanggal kedatangan
Tanggal kepulangan
Type pembayaran
No urut kamar
No urut pelanggan
Total pembayaran setelah dikalikan dengan lama menginap (Check out – check in)
|
8 karakter fix
Penanggalan
Penangggalan
Pilihan ( 0 / 1)
3 karakter fix
6 karakter fix
15 karakter f
|
X
X
X
X
X
X
X
|
X
X
X
X
X
X
X
|
Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
0 Komentar