Jenis Operator pada bahasa Python - Belajar Bahasa Python Part $2

9:37 PM
Jenis Operator pada bahasa Python - Belajar Bahasa Python Part $2
Di Posting Oleh : Admin G
Kategori : Pemprograman pemprograman dasar Python


Pada kesempatan kali ini Admin mengucapkan termikasih banyak kepada kalian yang selalu mensupport blog kami ini, tidak lupa juga admin mengingatkan kepada kalian untuk selalu menjaga kesehatan apalagi sekarang sedang terjadi Pandemic Covid 19 dan kalian pun harus berdiam diri di dalam rumah untuk mencegah penyebaran Virus Corona ini.


Logo Python

Tetapi jangan khawtir dengan berdiam diri di rumah kalianpun bisa mendapatkan ilmu tambahan dengan cara belajar dari Internet seperti yang akan Admin bahas di pertemuan kedua ini admin akan menjelasakan tentang Jenis Operator pada bahasa Python, Sebelumnya Admin telah membahas tentang Aturan Penulisan syntax pada bahasa Python

adapun version Python yang digunakan Admin adalah version 2.7.16, tetapi lebih baik kalian menginstall version terbaru saja. Oke sekarang, kita masuk saja kedalam materi yang kedua yaitu tentang Jneis Operator pada bahasa Python >> Bagian 1 (Perkenalan)...


Apa itu operator?


Operator adalah simbol-simbol yang digunakan untuk melakukan operasi tertentu dalam pemrograman. Operator di dalam bahasa Python tidak jauh berbeda dengan bahasa program lainnya, di dalam bahasa python terdapat 6 jenis operator diantaranya ada :

1.          Operator Aritmatika
Operator aritmatika adalah operator yang biasanya digunakan untuk melakukan proses perhitungan pada suatu program, Operator ini juga paling sering sekali digunakan dalam membuat sebuah Program.

2.          Operator Pembanding/Relasi
Operator perbandingan atau comparison operators digunakan untuk membandingkan suatu nilai dari masing-masing operator atau membandingkan pada dua buah nilai yang berbeda.

3.          Operator Penugasan
Operator penugasan digunakan untuk memberikan atau memodifikasi nilai ke dalam sebuah variabel yang kita buat. selain itu operator Penugasan juga bisa digunakan untuk melakukan Penjumlahan, Perkalian, Pengurangan, Pembagian pada bahasa Python.

4.          Opeartor Logika
Operator logika adalah operator yang digunakan untuk membuat operasi logika dari 2 kondisi boolean: true dan  false atau OR, AND dan NOT

5.          Operator Bitwise
Bitwise adalah operator khusus untuk menangani operasi logika bilangan biner dalam bentuk bit.
Bilangan biner sendiri merupakan jenis bilangan yang hanya terdiri dari 2 jenis angka, yakni 0 dan 1.

6.      Operator Ternary
Operator Ternary merupakan operator yang digunakan sebagai operator kondisi, karena operator ini digunakan untuk membuat suatu ekspresi atau kondisi percabangan seperti IF/Else.

Di dalam bahasa pemrograman python sebenarnya tidak ada operator ternary, dan untuk memproses suatu kondisi pada python menggunakan perintah IF/Else.


Oke, mungkin di pertemuan kali ini Admin hanya akan memperkenalkan jenis operator apa saja yang ada di bahasa Python dan Pembahasannya akan di  bahas pada pertemuan selanjutnya yaitu tentang Operator Aritmatika.

Jangan lupa untuk selalu support Jutsu coding dan follow juga Fansfage Facebook dan Instagram Jutsu Coding untuk mendapatkan informasi terkini seputar Teknologi.
Sampai Jumpa lagi di Pertemuan Berikutnya Tentang Operator Aritmatika


Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar