Operator Perbandingan pada bahasa Python - Belajar Bahasa Python Part $4

1:08 AM
Operator Perbandingan pada bahasa Python - Belajar Bahasa Python Part $4
Di Posting Oleh : Admin G
Kategori : pemprograman dasar Programming Python



Pada kesempatan kali ini Admin mengucapkan termikasih banyak kepada kalian yang selalu mensupport blog kami ini, tidak lupa juga admin mengingatkan kepada kalian untuk selalu menjaga kesehatan apalagi sekarang sedang terjadi Pandemic Covid 19 dan kalian pun harus berdiam diri di dalam rumah untuk mencegah penyebaran Virus Corona ini.

Logo Python


Tetapi jangan khawtir dengan berdiam diri di rumah kalianpun bisa mendapatkan ilmu tambahan dengan cara belajar dari Internet seperti yang akan Admin bahas di pertemuan keempat ini, admin akan menjelaskan tentang Operator perbandingan pada bahasa Python. Sebelumnya Admin telah menjelaskan tentang Operator Aritmatika pada bahasaPython.

Adapun version Python yang digunakan Admin adalah version 2.7.16, tetapi lebih baik kalian menginstall version terbaru saja. Oke sekarang, kita langsung saja masuk kedalam materi yang kempat yaitu tentang Operator Aritmatika dalam bahsa Python.



OPERATOR PERBANDINGAN PYTHON

Operator perbandingan merupakan operator yang dipakai untuk membandingkan 2 buah nilai, oleh karena itu operator perbandingan juga disebut dengan operator relasional karena kita dapat membandingkan hubungan antara (relasi) sebuah nilai dengan nilai lainnya, sehingga nilai tersebut akan bernilai sama besar, lebih kecil, lebih besar, tidak sama dengan dan sebagainya.

Adapun  hasil nilai yang akan kita didapatkan dari perbandingan ke-2 nilai tersebut berupa boolean True atau False. Di dalam bahasa Python, terdapat 6 operator perbandingan:

OPERATOR
PENJELASAN
CONTOH
HASIL
==
Sama dengan
10 == 10
True
!=
Tidak sama dengan
6 != 6
False
> 
Lebih besar
3 > 2
True
< 
Lebih kecil
7 < 10
True
>=
Lebih besar atau sama dengan
5 >= 2
True
<=
Lebih kecil atau sama dengan
8 <= 7
False








Note : Operator perbandingan biasa kita pakai saat kita ingin mengambil sebuah keputusan atau percabangan kode program.



CONTOH PROGRAM OPERATOR PERBANDINGAN PYTHON

Program :

1
a = 10
2
b = 15
3

4
print(‘a =’,b)
5
print('b =',b)
6
print('\n')
7

8
print('a == b adalah',a==b)
9
print('a != b adalah',a!=b)
10
print('a > b  adalah',a>b)
11
print('a < b  adalah',a<b)
12
print('a >= b adalah',a>=b)
13
print('a <= b adalah',a<=b)

Output :

a = 10
b = 12

a == b adalah False
a != b adalah True
a > b  adalah False
a < b  adalah True
a >= b adalah False
a <= b adalah True
>>> 
Gambar contoh program 1

Gambar contoh program

Gambar Hasil Program 1


Gambar Hasil Program

Selain membandingkan Tipe data angka, Operator perbandingan juga bisa dipakai untuk membandingkan tipe data lainnya seperti membandingkan 2  tipe data String.

Baca Juga :  Jenis operator pada bahasa Python
Program :

1
print('JutsuCoding' == 'jutsucoding')
2
print('JUTSUCOdING' == 'JUTSUCOdING')
3
print('1221' == 1221)
4
print(1234 != 1234)

Output :
1
False
2
True
3
False
4
False


Contoh gambar 2Keterangan :

Pada baris ke-4 : Disana terdapat perintah print('JutsuCoding' == 'jutsucoding') dan hasilnya adalah False, karena terdapat perbedaan huruf besar dan kecil antara huruf ‘C’ dan ‘c’ yang berarti Operasi perbandingan string bersifat Case Sensitive (Huruf besar dan kecil berbeda)

Pada baris ke-5 : Disana terdapat perintah print('JUTSUCOdING' == 'JUTSUCOdING') dan hasilnya adalah True, karena semua hurufnya sama besar dan kecilnya.

Pada baris ke-6 : Disana terdapat perintah print('1221' == 1221) dan hasilnya adalah False, karena perbedaan antara tipe data String dan Angka

Pada baris ke-7 : Disana terdapat perintah print(1234 != 1234) dan hasilnya adalah False, karena terdapat operator perbandingan != sehingga hasilnya False 

-------------------------------------------------------------------------------------------

Oke, mungkin di pertemuan kali ini admin hanya akan membahasa tentang Operator Perbandingan saja. Pada pertemuan selanjutnya Admin akan membahas tentang Operator Penugasan. 

Jangan lupa juga untuk selalu support Jutsu coding dan follow juga Fansfage Facebook dan Instagram Jutsu Coding untuk mendapatkan informasi terkini seputar Teknologi.

Sampai Jumpa lagi di Pertemuan Berikutnya Tentang Operator Penugasan...




Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar