INI DIA PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP MANUSIA

9:58 PM
INI DIA PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP MANUSIA
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : Informasi Teknologi

INI DIA PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP MANUSIA

Teknologi sekarang semakin canggih dan semakin mempermudah hidup manusia. Teknologi membuat dunia ini berubah. Perubahan itu bisa menjadi perubahan yang positif ataupun negatif. Terutama kepada lingkungan. Lingkungan adalah tempat kita hidup atau tempat di sekitar kita. Teknologi sungguh bermacam-macam. Ada teknologi informasi, komunikasi, transportasi, pengobatan, pendidikan, mesin, elektronika, bangunan, robot, dan masih banyak lagi. Tentu saja semua alat-alat teknologi tersebut dapat memberikan dampak positif juga negatif terutama bagi lingkungan.

Baca juga Apa itu green technology dan apa contohnya ?

Berikut akan membahas mengenai dampak positif teknologi terhadap lingkungan dalam berbagai bidang.

Bidang industri:

  1. Diperluasnyalapangan kerja dengan berdirinya industri atau pabrik baru.
  2. Perkembanganindustri bertambah baik, misalnya dengan penelitian dan pengembangan di bidangindustri transportasi, elektronika, dan industri rekayasa
  3. Berkembangnyatanaman sebagai bahan baku industri (kapas untuk industritekstil, kayu sengon,dan pinus untuk industri kertas).
  4. Diciptakannya mesin daur ulang, sehingga sampah sebagai sumber pencemaran lingkungan dapat diurangi.e.Memperolehdevisa dari industri pariwisata.

Bidang Pertanian:

  1. Bertambahnyavarietas baru dan unggul.
  2. Peningkatanhasil produksi pertanian.
  3. Dikenal dandipakainya alat-alat pertanian modern.
  4. Dikenalnyasistem pemupukan dan obat-obatan hama.
  5. Pemberantasanhama dengan pesawat terbang di perkebunan.

Adapun dampak positif lainnya adalah proses penghijauan lingkungan semakin mudah. Misalnya, di saat kita ingin menanam pohon tentu saja kita menggunakan teknologi. Seperti teknologi informasi untuk mencari tahu bagaimana cara untuk menanam dan memelihara pohon tersebut, teknologi untuk membuat pupuk, teknologi mesin untuk menggali tanah, teknologi komunikasi untuk mengajak teman-teman kita atau orang lain untuk ikut menanam pohon, teknologi kamera untuk dokumentasi kegiatan kita, dan masih banyak lagi. Teknologi tersebut dapat memberikan kemudahan kepada kita untuk melakukan gerakan penghijauan lingkungan.

Selain itu, dampak positif dari pengaruh teknologi terhadap lingkungan bisa berawal dari dampak negatif. Seperti disaat ada sugesti bahwa menggunakan teknologi berlebihan dapat merusak lingkungan, kita akan melakukan upaya untuk memperbaiki lingkungan supaya lingkungan kembali seperti sedia kala seperti melakukan penghijauan dan mengurangi pemakaian teknologi itu sendiri. Dengan begitu, tingkat kepedulian tersebut kita menjadi semakin peduli terhadap lingkungan, karenan dampak negatif teknologi tersebut.

Baca juga Apa itu revolosi teknologi abad 21 ?

Selain dampak positif yang banyak, dampak negatifnya juga banyak dan cenderung berlawanan atau berbanding terbalik dengan dampak-dampak positifnya. berikut beberapa conoth negatif dari teknologi terhadap lingkungan.

  1. Lahan pertanian, perkebunan, peternakan, dan kehutanan semakin sempit karenadibangun banyak perumahan.
  2. Rusaknya lingkungan alam, karena dibangunnya industri atau pabrik.
  3. Terjadinya banjir dan erosi disebabkan penebangan hutan tidak terkendali
  4. Untuk memenuhi kebutuhan primer dan sekundernya manusia mengeksploitasi alam.
  5. Pemupukan yang berlebihan mengakibatkan pencemaran tanah.
  6. Penyemprotan peptisida berimbas makhluk hidup yang lain terkena racun tahan lama yang dapat menyebar dalam rantai makanan ke ekosistemnya sehingga dapat memengaruhi mata rantai makhluk hidup yang memakannya.
  7. Terjadinya pencemaran udara akibat pembakaran hutan yang menghasilkan CO2 dan CO.
  8. Terjadinya pencemaran air dari buangan limbah industri.
  9. Terjadinya pencemaran udara dari asap-asap industri, kendaraan bermotor, dan rmobil.
  10. Terjadinya pencemaran tanah, bau-bauan, dan sampah-sampah industri dan rumah tangga. Sedangkan pandangan teknologi yang diciptakan manusia untuk lingkungan hidupnya menjadikan teknologi sebagai pengatur keseimbangan terhadap kerusakan yang telah dilakukan oleh manusia dan mengakibatkan manusia sangat ketergantunganterhadap pengg.unaan teknologi.

Dampak teknologi juga akan membahayakan lingkungan bila disalahgunakan. Seperti penggunaan teknologi untuk membuat bom. Bom atau bahan peledak adalah benda teknologi yang secara langsung dan tidak langsung bisa merusak lingkungan. Dampak langsungnya adalah pada saat bom itu meledak, lingkungan bisa rusak terkena dampak bom tersebut. Dampak tidak langsungnya adalah jika pada bom itu terdapat radiasi radioaktif, maka lambat laun lingkungan yang tidak terkena dampak saat bom itu meledak pun akan rusak.

Dampak teknologi juga dapat merusak lingkungan walaupun penggunaannya sangat sedikit. Misalnya penggunaan mesin-mesin dan  kendaraan bermotor  kendaraan bermotor yang hasil sisa energinya dapat merusak lapisan ozon dan menimbulkan pemanasan global yang cakupan kerusakan lingkungannya adalah seluruh dunia. 

Baca juga ini dia manfaat fintech bagi masyarakat

Walaupun kita akan merasa bahwa dampak kendaraan kita bagi lingkungan sangatlah kecil, tetapi cobalah kita lihat di sekitar kita, berapa orang yang menggunakan teknologi kendaraan ini. Selain itu penggunaan teknologi secara berlebihan yang secara tidak langsung dapat merusak lingkungan,  seperti yang telah dijelaskan di atas dan pemakaian alat-alat teknologi elektronik.

Misalnya, jika memang alat-alat elektronik tersebut tidak membawa dampak secara langsung kepada perusakan lingkungan. tapi bila kita lihat baik-baik alat-alat elektronik membutuhkan daya listrik, listrik berasal dari pembangkit listrik yang bisa saja menggunakan mesin diesel yang asapnya dapat merusak lingkungan. Jadi, semakin banyak kita menggunakan alat-alat elektronik tersebut, semakin cepat pula listrik akan habis terpakai dan semakin banyak pula asap yang keluar dari PLT.


Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar