Pengertian, Fitur dan manfaat google webmaster

11:21 PM
Pengertian, Fitur dan manfaat google webmaster
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : news coding Teknologi tips and trik

Google Webmaster

Halo kawan -kawan kembali lagi bersama JutsuCoding yang akan memberikan informasi informasi seputar coding. Tetapi kali ini kita akan membahas mengenai google webmaster ( Google Search Console ). Mungkin tidak asing bagi para blogger atau developer web dengan google webmaster ini, karena google webmaster ini memiliki berbagai kegunaan dan manfaat. Oke tanpa berlama lama lagi kita akan bahas.

Google Webmaster

Google webmaster adalah layanan free dari google untuk para webmaster. layanan google yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan website kamu di hasil pencarian Google dan dapat menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan.

Pada tanggal 20 Mei 2015, Perusahaan google merubah nama dari "Google Webmasters" jadi "Google Search Console". Hingga pada bulan januari 2018 meluncurkan versi terbaru dari google search console dengan interface dan fitur yang lebih lengkap dari versi sebelumnya.

Baca juga Apa itu website

Fitur Fitur Google Webmaster ( google search console )

Fitur - fitur Google Webmaster

  • Submit Sitemap, setiap website wajib untuk mengirimkan sitemap ke Search Console agar dapat mempermudah google untuk perayapannya. Sitemap yang dikirimkan ini harus valid.
  • Structured Data Testing Tool (Alat Penguji Data Terstruktur), fitur ini berguna untuk website yang menggunakan rich snippets. Google Search Console bisa menunjukkan apakah status data snippets berjalan dengan benar atau tidak benar.
  • Status Perayap, google Webmaster menyediakan data tentang status perayapan website kamu. Ini mencakup banyak link yang dirayapi per hari sampai dengan waktu yang dibutuhkan perayap dalam mengunduh situs.
  • Validasi robots.txt,membuat atau menganti file robots.txt. FIle ini berfungsi untuk menentukan mana url yang ingin di rayapi oleh mensin pencarian dan mana yang tidak ingin dirayapi oleh mesin pencarian.
  • Fetch as Google, fitur ini berfungsi untuk memastikan apakah robot perayap dari Google bisa memahami dan membaca website layaknya pengunjung manusia. Bisa juga untuk memastikan apakah url terblokir oleh robots.txt atau berjalan benar dan normal.
Baca juga apa perbedaan link dan url

Manfaat - manfaat google webmaster

Manfaat - manfaat google webmaster

  • SEO, google webmaster ini dapat meningkatkan seo dari situs website kalian
  • Dapa mengetahui jumlah CTR dari website kalian sehingga 
  • Monitoring masalah teknis
  • dan lain sebagainya
Itulah bahas - bahas kita mengenai google webmaster atau google search console, jika ada yang tidak dipahami bisa komen dan jika bermanfaat bisa share agar teman - teman mu pengetahuannya makin bertambah. Oke sampai jumpa di artikel - artikel yang lainnya yang lebih bermanfaat.  

Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar