Apa itu Arduino, sejarah, fungsi dan kegunaan pada Arduino

10:09 AM
Apa itu Arduino, sejarah, fungsi dan kegunaan pada Arduino
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : Informasi news coding pemprograman dasar Teknologi tips and trik


penjelasan arduino

Di erat serba teknologi ini, untuk membangun sebuah teknologi bebagai macam caranya baik dari AI, Vritual Reality, Augmented Reality, dll. Salah satu pengembangan teknologi yang marak ini adalah Arduino . Apa sih arduino itu ? mari kita bahas bersama - sama.

Pengertian arduino

Arduino adalah control atau pengendali mikro-single board yang memiliki sifat open source, yang diturunkan dari Wiring Platform. Arduino dirancang untuk mempermudah user ( Pengguna ) elektronik dalam berbagai bidang. 

Hardwarenya pempunya prosesor Atmel AVR juga softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. Arduino sangat populer di seluruh dunia Saat ini. Banyak programmer pemula yang belajar mengenal robotika dan elektronika ini lewat. Arduino karena kemudahannya untuk dipelajari. Tapi tidak hanya pemula saja, para hobbyist atau profesional juga ikut senang mendevlop (mengembangkan) aplikasi elektronik memakai Arduino ini. Bahasa yang dipakai dalam Arduino bukan assembler yang pastinya sulit, tetapi memakai bahasa C yang telah disederhanakan dandengan bantuan pustaka (libraries) dari Arduino. Arduino juga menyederhanakan proses bekerja dengan mikrokontroler, sekaligus menawarkan berbagai macam kelebihan .

Baca juga Perbedaan HTTP dan HTTPS

Kelebihan Arduino

1. Murah

Papan (Hardware) Arduino biasanya dijual murah kisaran 125ribu sampai 400ribuan rupiah saja. Arduino lebih murah jika dibandingkan dengan platform mikrokontroler pro lain. kalo mau lebih murah lagi, tentunya bisa juga dibuat sendiri. Alat alat Arduino bisa didapat lengkap di website Arduino atau di website komunitas arduino. Selain mudah didapat Arduino juga cocok untuk Widows, apa lagi Linux.

2. Software Open Source

 Perangkat lunaknya Open Source – untuk membangun robotik software IDE Arduino dipublikasikan secara Open Source, tersedia bagi para programmer berpengalaman atau pemula untuk mendevlop (pengembangan) lebih lanjut lagi. bahasa dari Arduino  bisa dikembangkan lebih lanjut lagi melalui libary C++ yang berbasis pada Bahasa C untuk AVR.

Baca juga Perbedaan link dan url 

3. Hardware Open Source

Hardware Arduino berbasis mikrokontroler ATMEGA168, ATMEGA8, ATMEGA1280 dan ATMEGA328 (yang terbaru adalah ATMEGA2560).  Maka demikian siapa saja bisa membuatnya dan bisa juga menjualnya hardware Arduino ini, bootloader juga tersedia langsung dari software Arduino IDE itu sendiri. Tetapi bisa juga pakai breadoard untuk membuat perangkat Arduino beserta periferal lain yang dibutuhkan.

Sejarah singkat Arduino

Arduino berawal dari sebuah thesis yang dibuat oleh Hernando Barragan, dari Institute Ivrea, Italia tahun 2005, dikembangkan oleh David Cuartielles dan Massimo Banzi. Awalnya diberi nama Arduin of Ivrea Lalu kemudian diganti menjadi Arduino yang artinya dalam bahasa Italia adalah teman yang berani.

Sebenarnya tujuan awal dibangunnya Arduino adalah untuk membuat perangkat murah dan mudah, dari perangkat sebelumnya. Juga perangkat itu ditujukan untuk para siswa yang akan membuat perangkat interaksi dan desain.

Baca juga Apa itu Internet Sehat ?

Saat ini tim developer dari Ardionio adalah David Cuartielles, Massimo Banzi, Gianluca Martino, Tom Igoe, Nicholas Zambetti, dan David Mellis.

Link pembelian Arduino Kit : https://shope.ee/7pLWGobbCE

Akhir kata

Semakin pesatnya perkembangan teknologi maka semakin banyak yang harus programmer pelajari. Semoga artikel ini bermanfaat, jika bermanfaat jangan lupa share artikel ini keteman - teman kalian, biar makin tau makin banyak ilmu.


Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar