Apa saja media penyimpanan (storage) pada komputer terlengkap

9:02 AM
Apa saja media penyimpanan (storage) pada komputer terlengkap
Di Posting Oleh : wandi
Kategori : Informasi Teknologi

Media peyimpanan (storage) pada komputer


Didalam sebuah komputer terdapat 3 komponen penting yaitu software, brainware, dan hardware. Didalam hardware ada beberapa komponen yang penting juga seperti input/output, prosessing unit, dan tentunya storage atau media penyimpanan. Media penyimpanan komputer itu ada 2 kategori yaitu magnetik storage media dan optical drive. Untuk lebih jelasnya menenai macam - macam media penyimpanan pada komputer, lanjut ke bawah.

A. Magnetik storage media

Apa itu penyimpanan magnetik ? media penyimpanan magnetik ini bersifat non volatile artinya tersimpan dalam media penyimpanan meskipun sudah tidak ada daya listrik yang mengalir . Contoh alatnya adalah

1. Harddisk

Harddisk merupakan alat untuk menyimpanan data dalam kapasitas yang sangat besar dengan kecepatan akses yang tinggi .jenis harddisk ada sata , ata , dan kawan kawan .

2. Harddisk externel

Harddisk ini sama seperti flashdisk yang menggunakan media penghubung USB ukuranya lebih tipis dari hardisk komputer , tetapi kapasitasnya sama dengan harddisk internal .

Baca juga Apa itu Arduino ?

3. Flashdisk

Flashdisk merupakan alat peyimpanan yang paling mudah di bawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil dan karena ukurannya kecil mudah juga hilangnya , saya udah pernah hilang dua kali dan rusak satu kali ( curhat , abaikan saja ) . flashdisk ini dihubungkan dengan komputer dengan usb , sekarang di smartphone pun bisa di buka , dengan kabel otg . Flashdisk ini ukurannya bermacam macam ada yang 2 gb , 4 gb , bahkan sudah ada yang mencapai 1tb , tetapi saran saya beli saja yang 1gb jadi kalo hilang gak terlalu rugi karena murah .

4. MMC ( Memory card )

Media peyimpanan yang banyak di pakai pada peralatan computer dan elektronik , seperti kamera digital , laptop , handphone , iphone serta game console .

5. Flooppy disk

flooppy disk adalah alat penyimpanan yang berbentuk persegi dengan daya peyimpanan pada umunya sebesar 1,44 MB . Media penyimpanan ini  terbungkus oleh plastic protektif tipis dan keras .

Baca juga Perbedaan intel dan amd, siapa yang lebih baik ?

6. zip drive

Media peyimpanan magnetic dengan head yang kecil dan dapat menampung data hingga 750MB  .

B. Optical drive

Optical drive adalah media penyimpanan data elektronik yang dapat dibaca dan ditulis dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah . Contoh alatnya seperti :

1. CD

Cd singkatan dari compact disk , Cd adalah sebuah penyimpanan optical yang paling awal muncul . Cd ini memiliki diameter luar 12 cm dan diameter dalam sebesar 1,5cm , serta pembacaan dan penulisan data piringannya menggunakan laser .  Kapasitas penyimpanan ini umunya sebesar 750 MB .

Baca juga Penjelasan, fungsi, dan manfaat firewall pada komputer

2. DVD

DVD singkatan dari digital vesatile disk . DVD memiliki pita data lebih kecil , spiral data yang lebih rapat sehingga kapasitasnya sangat besar bisa mencapai 4,7 GB .

3. Blue ray

Blue ray ini merupakan upgrade atau pengembangan dari CD dan DVD .Tentunya kapasitasnya juga besar sekitar 50GB .

Baca juga Apa itu GUI dan CLI ? apa bedanya ?

4. Flourescent  multilayer disk ( FM DISK )

Flourescent merupakan penyimpanan yang paling besar sekitar 140 GB mampu membaca data sebesar 1 gb perdetik .FM disk ini permukaannya tranfaran bisa dilihat dari sisi depan atau belakang , karena sisi tersebut bisa digunakan untuk penyimpanan data alias multilayer .

Akhir kata

Itulah macam macam media penyimpanan pada komputer, tetapi masih banyak lagi sebenarnya karena teknologi itu berkembang pesat beda dari yang lain . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Mau liat atau download source code aplikasi premium bisa disini.
Previous
Next Post »
0 Komentar